Tuesday, November 1, 2011

OPINIKU UNTUK MENYIASATI FLASH DISK ANDA YANG RUSAK / MEMPERBAIKI FLASH DISK YANG RUSAK

Kalau anda punya flash disk yang rusak jangan terlebih dahulu memvonis flash disk anda betul – betul rusak permanen..
Tanya Kenapa ?
Mengapa harus repot , flash disk saya garansi seumur hidup?
Ya, memang Tulisan saya kali ini ditujukan bagi anda yang berjiwa teknisi tinggi & Anda yang punya flash disk rusak tapi flash disk anda tidak bergaransi sehingga anda tidak dapat menukar flash disk anda untuk mendapat flash disk yang baru..
Jangan khawatir , kita mungkin bisa memperbakinya tanpa perlu beli yang baru..
Sesuai dengan pengalaman , utak atik flash disk yang rusak, saya memiliki beberapa opini tentang bagaimana menyiasati lash disk anda yang rusak..
1. Flash disk anda tidak ke detek di windows anda, penyebabnya mungkin di karenakan virus yang masuk pada flash disk anda, solusinya coba tancapkan flash disk anda pada komputer yang memiliki operating system linux karena biasanya linux tahan dan lumayan kebal terhadap virus dan linux juga bisa mendeteksi file virus – virus yang tidak tampak ketika kita menggunakan windows ( file virus yang hidden ), bila flash disk anda ke detek di linux sebaiknya langsung format saja pakai linux.
2. Setelah cara ‘1’ tidak berhasil jangan kecewa mungkin cara kedua ini akan manjur untuk mengobati flash disk anda yang sedang koma dan hampir sekarat..
Untuk flash disk yang tidak terdetek sama sekali, Bila anda mempunya beberapa flash disk yang rusak / anda punya flash disk yang masih bisa digunakan cobalah saling bertukar komponen dengan flash disk anda yang rusak ( bagi anda yang berjiwa teknisi tentunya bisa merelakan 1 flash disk yang masih berfungsi sebagai bahan percobaan (hehe / kalau takut flash disk anda ikut rusak sebaiknya jangan terlalu nekat ).
- Flash disk Tidak tidak terdeteksi mungkin penyebabnya pada kaki – kaki komponen yang tidak menempel pada tempatnya, blower lah komponen pada flash disk anda khususnya pada IC ,ini dimaksudkan agar komponen yang tidak menempel dapat tersambung kembali pada tempatnya.. jika sudah selesai coba sambungkan kembali flash disk anda pada komputer.
- Jika cara di atas belum berhasil mari kita melangkah ke langkah selanjutnya.. biasanya Pada flash disk biasanya ada satu bagian yang seperti tabung ( secara umum bentunya seperti tabung / sejenisnya ), cobalah copot dengan solder/blower dan tukar dengan milik flash disk anda yang lainnya / tukar dengan milik flash disk anda yang masih berfungsi agar lebih mudah ketahuan bagian mana yang rusak..
- Jika cara di atas belum berhasil mungkin kerusakan terjadi pada ic flash disk, pada flash disk biasanya terdapat 2 IC yaitu yang kecil dan yang besar
Yang besar biasanya ada tulisan kapasitasnya,
Untuk langkah kali ini cobalah copot Ic yang kecil dengan menggunakan blower, lalu tukarlah dengan ic milik flash disk yang lain / kalau anda lumayan nekat tukar dengan milik flash disk anda yang masih bisa digunakan agar lebih mudah untuk menentukan kerusakan komponennya (pastikan pemasangan komponen sesuai tempatnya ). Setelah itu coba sambungkan flash disk pada komputer anda.

3. Flash disk anda terdeteksi di komputer tetapi kapasitasnya 0.
Cobalah sambungkan flash disk anda pada komputer yang memiliki operating system linux apakah kapasitasnya masih 0..
Kalau masih 0, kita bongkar saja flash disknya lalu kita cari IC yang paling besar ( biasanya ada 2 ic yaitu yang kecil dan besar )copot IC tersebut dengan blower dan tukar dengan komponen flash disk anda yang lain..coba sambungkan kembali flash disk pada komputer.
4. Flash disk anda terdeteksi oleh komputer tetapi tidak bisa di gunakan / mungkin kapasitanya 0 yang ditandai dengan munculnya panas berlebih pada flash disk anda..
Yang harus anda lakukan adalah stop sambungan flash disk anda pada komputer, untuk menghindari kerusakan lebih lanjut.. lalu bongkarlah flash disk anda dan coba amati pada kaki – kaki IC, apakah ada kaki IC yang saling menempel sehingga mengakibatkan korslet jika sudah ketemu kembalikanlah kaki IC tersebut ke posisi semula dan blowerlah agar kaki IC menempel kuat pada posisinya, karena jika tidak menempel kuat kemungkinan suatu saat masalah ini akan terulang kembali ( mungkin karena kejutan listrik waktu kita menghubungkan flash disk pada komputer dan jarak antak Kaki IC yang sangat pendek yang mengakibatkan Kaki – kaki IC menjadi menempel satu sama lain ) setelah itu cobalah sambungkan kembali flash disk anda pada komputer.. mudah mudahan bisa digunakan kembali..

Setelah mengikuti langkah di atas anda belum menemukan solusi untuk memulihkan kembali flash disk anda, segeralah anda ke toko terdekat dan belilah flash disk yang baru, (he..he.. just kidding)
Mudah - mudahan opini saya di atas bisa menjadi inspirasi buat anda semua, jangan gunakan opini saya di atas sebagai acuan mutlak, anda bisa juga mempunya opini tersendiri tentang masalah ini dan kita sama – sama belajar.. jangan terlalu nekat bila anda tidak yakin dengan opini saya ini.. oke
Kritik dan saran anda / mungkin ada yang salah dengan opini saya di atas, akan saya terima dengan senang hati demi kemajuan saya dan anda semua ke depannya..
Semoga bermanfaat..

Source : http://yokoz-blog.blogspot.com/2011/11/opiniku-untuk-menyiasati-flash-disk.html

No comments:

Post a Comment